Tondano (AntaraSulut) - Dalam rangka mensukseskan Pesona Minahasa 2017, kembali Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa menggelar beberapa lomba kegiatan dalam ajang Festival Bukit Kasih, dengan jenis lomba Tarian Maengket, Tarian Katrili, Musik Bambu dan Kolintang. Kegiatan akan berlangsung Kamis dan Jumat (27 s/d 28/7), bertempat di kompleks Bukit Kasih Kanonang, Kecamatan Kawangkoan Barat.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan menyampaikan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka mensukseskan Pesona Minahasa 2017, disamping untuk melestarikan Seni dan Kebudayaan daerah di tanah Minahasa.

"Kegiatan itu merupakan bagian dalam masyarakat Minahasa merayakan hari Pengucapan Syukur pada Minggu 23 Juli mendatang," ungkap Tumundo, Senin (10/7).

Sementara Kepala Bidang Pariwisata Diane Najoan selaku Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia Joppy Jerry Rarung mengatakan, untuk lomba Tarian Maengket dan Musik Bambu akan dilaksanakan Kamis (27/7) dan Tarian Katrili dan Musik Kolintang Jumat (28/7), semua kegiatan dimulai pukul 09.00 Wita hingga selesai.

"Untuk kategori peserta lomba Tarian Maengket yaitu masyarakat umum utusan kecamatan se-Kabupaten Minahasa, sedangkan kategori peserta lomba Tarian Katrili yaitu siswa SMP, SMA dan SMK se-Kabupten Minahasa," urai Najoan.

Sementara untuk kategori peserta Musik Bambu dan Musik Kolintang, lanjut Najoan, yaitu kelompok masyarakat umum atau tumpukan musik bambu dan kolintang yang berdomisili di Provinsi Sulawesi Utara.

Sedangkan jenis-jenis hadiah bagi kegiatan yang dilombakan ini meliputi trophy Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, trophy Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Olga Sajow-Singkoh, trophy Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, trophy Sekkab Minahasa Jeffry Korengkeng, trophy Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw dan trophy Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Agustivo Tumundo, dengan uang tunai meliputi juara I sejumlah Rp5 juta, juara II Rp3 juta, dan juara III Rp2 juta, bagi setiap kategori lomba.

"Seluruh peserta lomba di semua kategori diundang untuk mengikuti technical meeting hari Jumat, 14 Juli 2017 pukul 09.00 Wita bertempat di ruang sidang kantor bupati Minahasa," harap Najoan sekaligus mengharapkan semua pihak untuk turut mendoakan dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024