Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara diminta untuk semakin memperkuat eksistensi untuk memperjuangkan aspirasi-aspirasi masyarakat baik yang disampaikan lewat Fraksi PDI Perjuangan maupun disampaikan lewat PDI Perjuangan sendiri.

“Soal penguatan eksistensi fraksi ini kami sampaikan dalam rapat pimpinan harian Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Mitra dengan Fraksi PDI Perjuangan,” ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Mitra, Vocke Jerry Adelbert Ompi di Ratahan, Kamis (06/07).

Ia mengutarakan, posisi strategis Fraksi PDI Perjuangan di DPRD dengan jumlah perolehan kursi paling banyak serta menempatkan personel Fraksi di posisi top legislatif, membuka peluang besar untuk memainkan peran yang signifikan dalam memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

“Kepercayaan masyarakat kepada PDI Perjuangan ketika bisa memenangkan Pemilu dan mendapatkan kursi terbanyak di DPRD sekaligus memegang posisi top legislatif harus kita jawab secara maksimal dengan memperjuangkan amanah yang dititipkan masyarakat kepada kita. Ini cara kita berterima kasih atas kepercayaan masyarakat tersebut,” jelasnya.

Lanjut Vocke, perlu disadari betul bahwa Fraksi adalah kepanjangan tangan partai di lembaga legislatif.

“Kita pun harus tetap menyadari betul hal tersebut bahwa fraksi adalah kepanjangan tangan partai dan karena itu berkewajiban juga untuk mengamankan kebijakan partai yang diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

“Hal ini harus dibaca secara utuh karena Ketua DPC PDI Perjuangan adalah juga Bupati Minahasa Tenggara, sehingga fraksi pun memiliki kewajiban mengamankan kebijakan Bupati khususnya program-program pemerintah yang didasarkan pada komitmen untuk mensejahterakan masyarakat. Kita harus bisa memainkan dua peran penting itu di tengah dinamika di lembaga legislatif,” katanya.

Maka dari itu , Vocke berharap supaya personel Fraksi PDI Perjuangan dapat semakin solid supaya segala bentuk perjuangan bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Kita harus solid dan kompak, jangan berjalan sendiri-sendiri. Image PDI Perjuangan sebagai partainya wong cilik harus tetap kita jaga meskipun kita ada di posisi startegis baik di legislatif maupun di eksekutif,” pungkasnya.

Rapat ini sendiri dihadiri sejumlah personel Fraksi PDI Perjuangan, antara lain Drs Tavif Watuseke yang juga Ketua DPRD, Niko RF Pelleng SH, Deker Mamusung, Corry Kawulusan, dan Delly Makalow. Sedangkan dari unsur DPC hadir Sekretaris DPC Semuel Montolalu SH.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024