Manado, 15/6 (Antara) - Bank Mandiri Manado menyiapkan dana tunai hingga Rp300 miliar untuk menghadapi Lebaran tahun ini.

"Kami menyiapkan dana tunai lebih dari kondisi normal karena dipastikan akan ada lonjakan permintaan masyarakat," kata Area Head Mandiri Manado, Tommy Leong di Manado, Kamis.

Tommy mengatakan dana sebesar Rp300 miliar tersebut, selain dana di kas semua kantor Bank Mandiri yang tersebar di Provinsi Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara, juga di semua Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"Kami akan mengantisipasi dana di semua ATM, dengan selalu melakukan pemantauan dan pengawasan," jelasnya.

Selain kesiapan uang, katanya, Bank Mandiri juga menyiapkan petugas khusus menjaga kehandalan ATM sehingga bisa berfungsi dengan baik.

"Kesiapan ATM sangat diperlukan apalagi selama libur Lebaran yang cukup panjang," katanya.

Selama libur cuti bersama, katanya, ada beberapa kantor cabang yang buka di hari-hari tertentu untuk melayani setoran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan layanan kas terbatas.

Adapun kantor cabang yang membuka di hari-hari tertentu selama libur Lebaran adalah Manado Dotulolong Lasut, Bitung, Tahuna, Kotamobago, Gorontalo, Ternate, Tobelo, Buli.

"Namun demikian kami mengimbau kepada masyarakat, demi keamanan sebaiknya untuk transaksi-transaksi tertentu bisa menggunakan kartu kredit maupun debit apalagi dalam jumlah yang lumayan besar," jelasnya.

Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulut Soekowardojo mengatakan pihaknya telah menyiapkan dana tunai sebesar Rp2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Lebaran tahun ini.

"Kami memperkirakan kebutuhan uang tunai bagi masyarakat Sulut dan Gorontalo menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 H sekitar Rp1,97 triliun," katanya.

***3***



(T.KR-NCY/B/E008/E008) 15-06-2017 18:47:41

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024