Manado, 13/6 (Antara) - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kota Tomohon, Sulawesi Utara, akan menyertifikasi sebanyak 38 ribu bidang tanah, kata Kepala Badan Pertanahan Nasional Christianto Bulamei, Selasa.

"Kita masih menunggu program ini, mudah-mudahan segera digulirkan," kata Bulamei di Tomohon.

Masih menunggu program PTSL bergulir, kata dia, pemerintah masih melaksanakan program pendaftaran tanah melalui proyek operasi nasional agraria (prona) yang tahun 2017 menargetkan 500 bidang tanah.

Prona ini, lanjut dia, sementara bergulir di Kelurahan Talete, Kecamatan Tomohon Tengah.

"Bila semua bidang tanah di Kelurahan Talete ini telah disertifikasi dan masih ada kuota yang tersisa dari sertifikasi bidang tanah tersebut maka akan dialihkan ke kelurahan lainnya," ujarnya.

Menurut Bulamei, prona di Kelurahan Talete masuk dalam skala kecil, sementara program PTSL adalah sertifikasi tanah dalam skala besar.

"Program PTSL yang menyertifikasi 38 ribu bidang tanah itu akan menjangkau 44 kelurahan di Kota Tomohon yang tersebar di lima kecamatan. Kami berharap masyarakat dapat menyediakan kelengkapan administrasi terkait dengan kepemilikan tanah bila mau mendaftar nanti," ujarnya.

Bila program PTSL ini sudah berjalan sesuai dengan target, kata dia, maka akan membantu menegaskan batas wilayah antara Kota Tomohon dengan kabupaten lainnya.***2***



(T.K011/B/S023/S023) 13-06-2017 19:54:32

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024