Manado, 22/5 (Antara) - Rumah pangan Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) diharapkan mampu menstabilkan harga kebutuhan pokok di daerah tersebut.

"Pertumbuhan rumah pangan di Sulut dan Gorontalo yang menjadi wilayah kerja Bulog terus tumbuh cukup signifikan," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo Taufan Akib di Manado, Senin.

Taufan mengatakan saat ini di Sulut telah memiliki rumah pangan sebanyak 192 titik dan di Gorontalo sebanyak 72 titik.

Ia menjelaskan bertambahnya rumah pangan di Sulut dan Gorontalo, juga akan diikuti dengan evaluasi, jika kurang produktif akan diganti dengan titik yang lain.

"Semakin banyak rumah pangan Bulog, maka akan lebih baik karena semakin mendekatkan diri kepada masyarakat," katanya.

Untuk menjadi agen rumah pangan dari Bulog syaratnya mudah yakni harus memiliki warung, dan sudah beroperasi sebelumnya.

Ia mengatakan, dalam rumah pangan itu Bulog nantinya sebagai penyalur kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, dan kebutuhan pokok lainnya.

"Bulog akan memberikan harga yang lebih murah untuk para mitra sehingga mendapatkan keuntungan saat menjual ke masyarakat," tuturnya.

Untuk jumlah mitra, tambahnya, lebih banyak lebih baik sehingga mampu menjangkau semua pelosok desa yang ada di Sulut.

Jika semua masyarakat mudah mendapatkan kebutuhan pokok, maka tidak akan ada lonjakan harga maupun kekurangan stok yang mengakibatkan peningkatan harga yang signifikan.***3***



(T.KR-NCY/B/A029/A029) 22-05-2017 21:59:24

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024