Tondano (AntaraSulut) - Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) mengikuti launching bela negara se-Indonesia 2017 yang dibuka oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu, di Grand Kawanua International City Manado, Rabu (3/5).

Dalam sambutannya, Menhan Ryamizard memaparkan tujuan dari aksi bela negara untuk mematangkan semangat cinta tanah air. Selain itu, kegiatan tersebut untuk menguatkan kesadaran bahwa aku anak Indonesia, menumbuhkan semangat bela negara melalui sikap menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa dari lingkungan terkecil sampai pada kerangka NKRI.

"Aksi Bela Negara tahun ini mengambil tema Aku Indonesia dengan sub tema Merajut Kebersamaan Demi Kokohnya NKRI Tema ini menggambarkan semangat kita dengan bangsa Indonesia yang satu dalam kebersamaan demi kokohnya NKRI," paparnya.

Ryamizard menyebut, kesadaran bela negara merupakan metode yang terbukti ampuh dan handal guna menangkal seluruh bentuk ancaman terhadap keutuhan dan integritas bangsa dan negara republik Indonesia.

Esensi bela negara, terang mantan KSAD itu, dimaksudkan untuk mewujudkan warga negara yang memiliki kesadaran sikap dan prilaku yang menjunjung tinggi pentingnya aktualisasi nilai-nilai luhur bela negara yaitu bangga menjadi bangsa Indonesia, cinta tanah air dan berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai idenya negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara serta mempunyai kemampuan bela negara.

"Pada kesempatan ini, saya menyambut baik pembentukan pengurus pusat jaringan bela negara serta ikrar bela negara dan kerukunan umat beragama yang diawali di Provinsi Sulawesi Utara. Dan kita akan sebarkan, memberi contoh kepada provinsi lain agar mengikuti apa yang dilakukan di provinsi Sulut ini, saya juga menyambut baik dan penghargaan yang tinggi atas dicanangkannya oleh pak gubernur bahwa setiap hari Selasa adalah hari bela negara di seluruh wilayah Sulut," pungkas Ryamizard.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan,dengan menjaga tekad dan komitmen terus menanam nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, ketahanan berbangsa dan bernegara, dan yakin pada pancasila sebagai ideologi negara akan memunculkan sikap kesetiaan.

"Kita berbakti dan berkorban membela negara merupakan modal pembangunan daerah dan bangsa tercinta," ungkapnya.

Sementara Bupati Minahasa Jantje W. Sajow mengajak, semua elemen yang ada di Minahasa agar mempunyai kesadaran bela Negara karena ini merupakan sikap, prilaku dan tindakan. Bela Negara juga bagian dari upaya penguatan karakter dan jati diri bangsa yang berkepribadian dan berkebudayaan.

"Karena sebagai bentuk revolusi mental untuk mewujudkan ketahanan nasional. Serta untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi dinamika ancaman," tuturnya.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024