Minahasa - Pemkab bersama Polres Minahasa melaksanakan apel kesiapan pengamanan Paskah Nasional dan gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilhut se-Kabupaten Minahasa di halaman Polres Minahasa, Kamis (20/4) 2017.

Apel dipimpin langsung Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow. Dalam apel tersebut dilakukan pemeriksaan kesiapan pasukan dan penyematan pita kepada perwakilan pasukan dari Polres Minahasa, Kodim 1302/Minahasa, Dishub dan Dinas Damkar.

Dalam arahannya, Bupati JWS mengungkapkan, gelar pasukan dilaksanakan merupakan salah satu tahapan manajerial penting dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan akhir pelaksanaan pengamanan, baik pada personil, materil, sarana prasarana, serta perlengkapan pendukung lainnya."Termasuk pelibatan instansi terkait beserta mitra Kamtibmas lainnya pada pengamanan perayaan Paskah Nasional dan pemilihan hukum tua 2017, sehingga dapat berlangsung dengan aman, nyaman, tertib dan lancar," ungkapnya.Dikatakannya, kepercayaan yang diberikan kepada kita untuk pelaksanaan 
Paskah Nasional ini juga bersamaan dengan pelaksanaan agenda besar di Kabupaten Minahasa yaitu Pilhut. Sehingga menjadi tugas berat yang harus dihadapi.Perayaan 

Paskah Nasional ini tentunya membawa dampak yang signifikan terhadap peningkatan aktivitas di tempat pelaksanaan sehingga kondisi tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan arus dan mobilitas masyarakat yan menggunakan saran transportasi, hal ini akan berimplikasi terhadap munculnya gangguan Kamtibmas dan permasalahan di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas.

"Yang perlu menjadi perhatian kita adalah tingkatkan deteksi dini dan deteksi aksi melalui penguatan fungsi intelejen, agar berbagai kerawanan yang mungkin terjadi dapat dicegah dan diantisipasi secara dini sehingga kondusivitas Kamtibmas akan terjaga," terangnya.

Diharapkannya, pelaksanaan pengamanan dapat berjalan secara efektif dan dengan tetap mengacu pada target yang telah ditetapkan diantaranya, terwujudnya rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan kegiatan Paskah Nasional serta terwujudnya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalulintas serta terciptanya koordinasi dan sinergitas yang baik dengan stakeholder terkait dan seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi situasi darurat.Selain itu, diterangkannya, ada beberapa penekanan yang perlu disampaikan yakni, siapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kemudian tunjukan sikap dan tindakan humanis dan simpatik kepada masyarakat sehingga akan menggugah jati diri kita sebagai penolong, pelayan serta sahabat masyarakat, selanjutnya bangun kerjasama yang baik dengan stakeholder terkait, selanjutnya lakukan peningkatan pengamanan terhadap wilayah-wilayah yang memiliki kerawanan tinggi untuk menjadi sasaran aksi terorisme."Khusus anggota TNI dan Polri untuk jaga netralitas dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilhut 2017. Selamat menjalankan tugas," tandasnya.

Apel gelar pasukan turut dihadiri, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair, Kadishub Minahasa Ronny Suwarno, Asisten I Denny Mangala, Kadis Damkar Alexander Mamesah, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw, perwakilan Kodim 1302/Minahasa, Kadis Dinkes Minahasa dr Juliana Kaunang, sejumlah camat, anggota RAPI Kabupaten Minahasa, anggota Polres Minahasa, anggota Pol PP, Dinas Damkar serta jajaran Kodim 1302/Minahasa. (

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024