Bitung,  (AntaraSulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara besama segenap komponen pelaku pembangunan melakukan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (musrembang). guna memperkuat komitmen program tahun 2018.
    "Karena itu musrembang sangat diperlukan dalam proses koordinasi dalam memberikan masukan pada penyusunan program dan kegiatan pada . tahun 2018, " kata  Wali Kota Bitung, Maxmiliaan Jonas Lomban SE, MSi, dalam membuka acara Musrembang Kota Bitung, Selasa.
    Lomban mengatakan, Musrenbang yang menjadi agenda  musyawarah tahunan dimaksudkan untuk mematangkan rencana Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) berdasarkan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (PD) yang dibahas pada forum Perangkat daerah yang kemudian diselaraskan dengan hasil Musrenbang kecamatan.
    Karena itu, lanjutnya, musrenbang sangat penting dalam kerangka membangun Kota Bitung ke depan dengan melihat beberpa prioptitas pembangunan yang disampaikan kelkompok masyrakat dari setiap wilayah yang ada di Kota Bitung.
    “Saya mengundang seluruh komponen pelaku pembangunan di kota Bitung untuk secara bersama-sama dapat merumuskan dan menyepakati apa yang tebaik untuk kita laksanakan dalam menjawab kebutuhan pembangunan kota Bitung dan peningkatan taraf hidup masyarakat agar semakin dapat hidup lebih sejahtera.” kata. Lomban.
    Menurut Lomban, adapun Prioritas Pembangunan Daerah Kota Bitung Tahun 2018 pada sektor. Pendidikan, .Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur Dasar, pengembangan Pariwisata, peningkatan Ekonomi dan Investasi, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, ketahanan pangan (pertanian kota,perkebunan,kelautan dan perikanan), penanggulangan dan mitigasi bencana serta pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, reformasi birokrasi dan pelayanan publik.
    Lomban menambahkan bahwa kedepannya akan berkolaborasi dengan Kementrian PUPR, Kementrian Pariwisata, Kementrian Tata Ruang dan BPN, untuk menyiapkan Homestay yang representatife ramah lingkungan dan berstandar Internasional akan lebih membuat nyaman turis-turis mancanegara.
   Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pengemanan, Anggota DPRD Propinsi Sulut Denny Sumolang, DPRD kota Bitung Victor Tatanude, Bapeda serta jajaran Perangkat Daerah.


Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024