Manado, 24/3 (Antara) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan memfasilitasi kemasan produk bagi pelaku usaha dalam pasar lelang komoditi agro (PLKA).

"Peserta lelang yang memiliki produk hasil industri rumah tangga, siap kami fasilitasi untuk pengemasannya," kata Kepala Disperindag Sulut Jenny Karouw di Manado, Jumat.

Kemasan yang baik merupakan salah satu faktor penentu barang tersebut laku terjual di pasar atau tidak.

"Karena itu Disperindag Sulut bisa membantu pembuatan kemasan yang lebih baik dan berkualitas," jelasnya.

Pihaknya akan menyediakan rumah kemasan bagi industri kecil menengah (IKM) di Sulut, sehingga mampu bersaing dengan produk daerah lain.

"Kami segera membuka rumah kemasan. Yakni rumah untuk mengemas produknya agar dapat berkembang dengan baik," jelasnya.

Dia menambahkan untuk tempat rumah kemasan, sebanarnya Disperindag telah memilikinya. Saat ini yang dilakukan hanya tinggal direnovasi beberapa bagian saja, untuk kemudian nantinya dioperasikan.

Kabid Pengembang dan Fasilitasi IKM Disperindag Sulut Alwy Pontoh mengungkapkan nantinya jika rumah kemasan telah beroperasi IKM di Sulut tidak perlu repot-repot untuk meningkatkan kualitas kemasan, sehingga bisa diterima oleh pasar.

Hal ini karena biasanya IKM di Sulut, khususnya pangan tidak mampu memasarkan produknya lebih luas lagi ke daerah lain, karena selalu terbentur kepada kemasannya yang seadanya, tidak memenuhi standar yang ditetapkan, sehingga tidak menarik minat konsumen untuk membeli.

Padahal untuk rasa, tidak kalah dibandingkan dengan produk dari daerah, bahkan negara lain.

"Untuk itu IKM di Sulut saat ini harus memperbaiki kemasannya agar mampu bersaing dengan peroduk lain," ungkapnya.***3***



(T.KR-FML/B/G004/G004) 24-03-2017 16:18:52

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024