Bitung, (AntaraSulut) - Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri mengatakan, pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Kesehatan agar bekerja keras menuntaskan penyakit Tuberculosis di Kota Bitung.
"Penyakit ini masih menjadi penyakit yang berbahaya dan menjadi penyebab kematian terbesar di dunia," kata Mantiri dalam acara memperingati Hari TB di Kota Bitung.
Bersama Wakil Ketua TP-PKK Kota
Bitung Ny. Rita Mantiri Tangkudung menghadiri kegiatan Car Free Day (CFD) yang dirangkaikan Hari Tubercolosis (TB) Sedunia.
Menurut Mantiri, masalah penyakit TB masih menjadi masalah besar di sebagian besar negara di dunia dan masih belum dapat terkendali.
Penyakit ini, katanya, bahwa pelaksanaan program TB
haruslah dilaksanakan secara berkesinambungan mulai dari penjaringan suspek
Dan pengobatan sampaikan sembuh.
Menurut Wawali, untuk keberhasilan kegiatan ini haruslah di tunjang dengan kemampuan petugas, keterlibatan semua faktor antara lain sektor pendidikan, agama dan perumahan.
"Tentunya agar semua masyarakat agar dapat berperan aktif juga dalam mewujudkan tujuan program pengendalian TB," kata Mantiri.
Mantiri mengharapkan, agar dinas kesehatan secara periodik dapat melaporkan hasil evakuasi pengendaliab penyakit TB di Kota Bitung, agar secara periodik dapat menekan perkembangan penyakit tersebut.

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024