Manado, 23/3 (Antara) - Akademisi Universitas Negeri Manado (Unima) Jurusan Tata Boga Helena Opit mengungkapkan, pihaknya akan melakukan penelitian khusus terkait pengembangan kue khas Manado.
"Kami dari Unima bisa melakukan penelitian dan uji laboratorium untuk pengembangan kue khas Manado," kata Helena saat forum grup diskusi yang dilaksanakan Perum LKBN Antara Biro Sulut di Manado, Kamis.
Ia menuturkan, penelitian yang akan dilaksanakan pihaknya tersebut meliputi bentuk kemasan, dan cita rasa khas dari kue asli Manado.
"Penelitian ini nantinya kita akan fokuskan kepada bagaimana proses pengolahan, sehingga cita rasanya yang sama pada semua produk yang dihasilkan. Selain itu juga dalam proses pengepakannya yang sesuai untuk dipasarkan," jelasnya.
Sementara itu menurut Hennie Mokoginta yang juga Akademisi Unima Jurusan Tata Boga menambahkan, keanekaragaman kue khas yang ada di Manado perlu dikembangan.
"Kami juga tertarik untuk membantu mengembangkan kue khas Manado ini, makanya akan dilakukan penelitian. Apalagi saat ini daerah kita banyak dikunjungi wisatawan, sehingga makanan khas ini bisa menjadi oleh-oleh bagi mereka," jelasnya.
Ia menambahkan, pengembangan tersebut perlu adanya dukungan dari pemerintah kota dengan lebih sering memperkenalkan makanan yang menjadi ciri khas daerah.
"Pemerintah juga sebisa mungkin untuk terus mempromosikan makanan-makanan khas ini agar lebih dikenal," katanya.***4***


Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024