Bitung,  (AntaraSulut) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bitung, Sulawesi Utara, memberikan pelatihan pembuatan abon ikan kepada keluarga Bhayangkari dan masyarakat pesisir untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga.

"Produk abon ikan Kota Bitung harus mampu menembus pasar internasional, dengan mengemas yang lokal menjadi produk berkualitas internasional," kata Ketua TP-PKK Kota Bitung, Khouni Lomban Rawung, di Bitung, Senin .

Ketua TP-PKK Kota Bitung itu mengatakan, kegiatan pelatihan pembuatan abon ikan digelar dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui perempuan nelayan dalam pengetahuan mengolah hasil perikanan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Menurut Rawung, pelatihan yang diselenggarakan akan mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan nelayan dalam mengolah hasil laut yang ada di kota Bitung.

Rawung menegaskan, bila produk tersebut dikemas dengan sebaik mungkin maka dapat dipasarkan di toko-toko dan pasar swalayan yang ada di Kota Bitung termasuk mencari peluang ke pasar internasional.

Pelatihan ini dipandu oleh narasumber yang sudah berkompeten dalam melakukan proses pengolahan ikan, sehingga dapat memberikan pelajaran teknik pembuatan abon ikan.

"Pelatihan pengolahan perikanan ini juga bertujuan meningkatkan wawasan masyarakat nelayan atau pesisir dalam pengetahuan akan nilai perikanan itu sendiri," ungkap Rawung.

Ia menambahkan, dampak positif dari kegiatan pelatihan itu, dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan di tengah kehidupan masyarakat pesisir, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Bitung terutama yang berada di kawasan pesisir Bitung.***1***



(T.KR-JHB/B/A029/A029) 20-03-2017 22:01:54

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024