Manado, 13/3 (Antara) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan pelatihan kepemimpinan kepada mahasiswa berprestasi di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami terus memberikan dukungannya terhadap pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia, dan kali ini kepada mahasiswa Unsrat Manado," kata Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Manado Felicia Lily di Manado, Senin.

Dia menjelaskan setelah sebelumnya menyerahkan Beasiswa Bakti BCA senilai Rp200 juta kepada Universitas Sam Ratulangi (UnSrat), BCA kali ini menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan bagi penerima Beasiswa Bakti BCA di perguruan tinggi negeri tersebut.

Pelatihan yang bertujuan membantu para mahasiswa berprestasi dari Universitas Sam Ratulangi mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif. 

"Dalam rangka HUT ke-60 BCA, BCA berkomitmen untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik," jelasnya. 

Pelatihan ini merupakan wujud kepedulian BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada generasi muda Indonesia yakni membantu mahasiswa untuk mengenal diri sendiri, potensi diri sehingga diharapkan dapat mengelola diri untuk mencapai goal terbaik. Kami berharap pelatihan kepemimpinan ini bermanfaat menumbuhkan semangat dari mahasiswa dalam menentukan karirnya, baik itu sebagai wiraswasta, pegawai swasta, ataukah pegawai negeri sipil.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2016, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2016 mencapai 7,03 juta orang atau setara dengan 5,61 persen dari total 125,44 juta orang angkatan kerja. Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 5,61 persen berarti dari 100 angkatan kerja terdapat sekitar 5 hingga 6 orang pengangguran.

Karenanya, katanya, BCA bermaksud mengasah kemampuan kepemimpinan para mahasiswa Universitas Sam Ratulangi yang diharapkan dapat berkontribusi mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

"Dengan mengikuti pelatihan kepemimpinan diharapkan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi akan dibekali sejumlah kegiatan yang melatih etos kerja, motivasi, daya kreasi dan inovasi. Selain itu, adik-adik juga akan diperkenalkan dengan berbagai profesi, kemampuan kepemimpinan, serta tips beradaptasi sebagai pegawai baru di perusahaan," tambah Felicia. 

Untuk memperlengkapi para mahasiswa, BCA menghadirkan Unison Training & Outdoor Activity sebagai pembicara dalam pelatihan kepemimpinan ini. Sehari sebelumnya, para mahasiswa juga telah mengikuti mentoring sebagai sarana pengembangan diri melalui sharing dari manajemen BCA serta sarana interaksi antara penerima beasiswa.

"Besar harapan kami pelatihan kepemimpinan dan mentoring ini dapat bermanfaat memberikan nilai tambah bagi para mahasiswa Universitas Sam Ratulangi, khususnya penerima Beasiswa Bakti BCA, sehingga mampu untuk bersaing menjadi sumber daya manusia yang profesional, ataupun menjadi wirausaha yang kompeten yang turut menyediakan lapangan pekerjaan di Indonesia," jelas Felicia.

Hadir dalam pelatihan tersebut, Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Manado Felicia Lily dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Sam Ratulangi Hengki Johanis Kiroh.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. 

Pada akhir September 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 15 juta rekening nasabah melalui 1.204 cabang, 17.057 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.***3***





(T.KR-NCY/B/G004/G004) 13-03-2017 16:50:31

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024