Oleh Arthur Ignasius Karinda
     Minahasa Tenggara, 22/2 (Antara) - Bupati James Sumendap menantang Tim sapu bersih (Saber) di Kabupaten Minahasa Tenggara ditantang agar dapat membongkar praktek-praktek pungutan liar (Pungli) yang terjadi di lingkungan pemerintahan.
     "Karena tim Saber ini baru saja kita bentuk dengan melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan, maka saya harapkan tim ini dapat tertantang untuk membongkar praktek Pungli," kata James di Ratahan, Rabu.
      Bahkan menurut Bupati, untuk memerangi aksi Pungli tersebut tim Saber perlu melakukan operasi tangkap tangan (OTT) untuk menjaring para oknum aparat pemerintah yang melakukan praktek yang merugikan tersebut.
     "Bagi aparat pemerintah termasuk juga dengan kepala desa yang terjaring, saya mintakan kepada pihak kepolisian dan kejaksaan untuk memberikan tuntutan hukum berat dan langsung memejarakan para oknum-oknum tersebut nantinya," tegas James.
     James pun memperingatkan kepada seluruh aparat pemerintah yang berada di Minahasa Tenggara tidak melakukan praktek Pungli dalam melaksanakan urusan-urusan pemerintah.
     "Selalu dingat-ingatkan kepada selurut aparat pemerintah baik dari kabupaten sampai ke desa dan kelurahan, untuk tidak melakukan praktek-praktek Pungli, karena sanksi tegas dan keras yang akan dikenakan bagi aparat pemerintah yang ketahuan," jelasnya.
      Sementara itu menurut James, ia berkeinginan lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara bebas dari praktik Pungli karena kesejahteraan para Aparat Sipil Negera (ASN) telah ditingkatkan.
      "Kita melakukan upaya untuk mencegah para pegawai terlibat dalam praktek Pungli, seperti meningkatkan kesejahteraan mereka dengan menaikan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Besar harapan saya tidak ada ASN maupun aparat pemerintah lainnya yang akan terjaring," tandasnya.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024