Manado,  (Antarasulut) - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, memberikan bantuan kepada para korban bencana alam berupa banjir bandang dan tanah longsor di Kota Bitung.

"Kota Manado memberikan bantuan beras, air mineral, serta mi instan yang diantarkan langsung kepala dan staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah Manado," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkot Manado, Drs.Rum Usulu di Manado.

Ia mengatakan bantuan yang diberikan kepada korban bencana alam Bitung adalah tiga ton beras, dua ratus karton air mineral, dan dua ratus karton mi instan. Bantuan itu dibawa dari Kota Menado ke Kota Bitung pada Selasa (14/2) malam.

Selain bantuan untuk keperluan makan dan minum, Pemkot Manado juga memberikan tambahan bantuan dua pemadam kebakaran dan tangki air untuk membersihkan lokasi bencana.

Dia menjelaskan bantuan yang diberikan tersebut adalah aksi spontanitas dari Pemkot Manado, karena mereka ikut sepenanggungan dengan sesama saudara di Bitung.

Dana untuk bantuan tersebut, kata Usulu, berasal dari aksi spontan perangkat daerah di Manado, sehingga terkumpul dana untuk membeli beras, mi, dan air mineral.

Kepala BPBD Manado Maxmilian Tatahede, S.Sos yang didampingi Sekretaris Badan, Asuty Kai, SE dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Jeany Bangonang, SE, mengatakan bantuan yang dibawa Selasa (14/2) malam dan Rabu siang tersebut, diterima oleh Kepala BPBD Bitung Franky Ladi, yang selanjutnya disalurkan kepada para korban bencana.

"Kami menyampaikan rasa prihatin dan turut sepenanggungan dengan saudara-saudara di Bitung, atas musibah yang menimpa mereka, semoga tetap kuat menerima ujian hidup," katanya.

Kepala BPBD Bitung Franky Ladi yang menerima bantuan dari Manado itu, menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Manado atas bantuan tersebut.

"Sebab mereka membutuhkan hal-hal tersebut," katanya. ***4***





(T.KR-JHB/B/M029/M029) 15-02-2017 16:22:31

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024