Manado, (Antarasulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menyalurkan dana bantuan program keluarga harapan (PKH) tambahan untuk tahun 2016 sebesar Rp757,54 juta.

"Dana tersebut disalurkan kepada 2.884 rumah tangga sasaran penerima manfaat PKH di Manado, yang memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado, Jein Barantian, di Manado, 

Barantian mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan tambahan untuk tahun 2016, sedangkan untuk 2017 sedang dalam validasi data kembali.

Penyerahannya kata Barantian, mulai dilakukan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan, akhir pekan lalu kepada RTS di wilayah Kecamatan Wanea.

"Data penerima itu, tidak selalu sama, karena kriteria penerima kan berbeda, ada yang ibu hamil, masa nifas, anak sekolah dan lainya, jadi jika sudah tidak lagi hamil dan bukan dalam masa nifas atau anak sudah selesai sekolah, bisa jadi tidak lagi menerima bantuan," katanya.

Secara keseluruhan, kata Barantian, untuk triwulan I, II dan III, dana PKH sudah tersalurkan sebesar Rp1.118.775.000, dimana penerimanya juga memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Dia mengatakan, penyaluran dana PKH dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan, dimana warga yang menerimanya diingatkan untuk memanfaatkan bantuan tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat Manado.

"Para penerima terutama ibu-ibu diingatkan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan, untuk membelanjakannya bagi keperluan yang berguna, sehingga dapat bermanfaat untuk meringankan beban hidup keluarga," katanya.

Untuk itu, katanya maka para penerima mendapatkan pendampingan dari para pendamping sehingga bisa membantu dan mengarahkan memanfaatkan bantuan dengan maksimal, termasuk melakukan pendataan terhadap para RTS penerima manfaat. ***4***



(T.KR-JHB/B/A029/S027) 30-01-2017 20:52:05

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024