Manado (Antarasulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Selasa, membentuk dan melantik satuan tugas sapu bersih (saber) pungutan liar (pungli).

"Pelantikan ini adalah momentum bagi Manado untuk semakin menuju kinerja yang semakin baik dan bersih di segala bidang," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, dalam pelantikan, di ruang serbaguna.

Dia mengajak semua unsur yang termasuk dalam tim saber pungli untuk melaksanakan program tersebut dengan sungguh-sungguh, karena merupakan alat aspirasi rakyat sebagai alat dan bahasa yang benar dari berbagai bidang.

Dia mengatakan, tim saber pungli, berwenang yang sangat strategis yaitu membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, mengumpulkan data dan informasi dari instansi terkait menggunakan It dan bersama melaksanakan pencegahan pungutan liar.

"Tim ini juga berfungsi untuk untuk melakukan operasi pembersihan dan tangkap tangan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pungli," katanya.

Dia menambahkan tim tersebut juga berwenang untuk memberikan rekomendasi kepada instansi vertikal dan memberikan sanksi sesuai ketentuan undang-undang.

Dia mengatakan terbentuknya tim saber pungli dapat membentuk pemerintahan yang bersih dan betul-betul memberikan kontribusi yang maksimal bagi masyarakat kota Manado.

Vicky juga mengatakan, sejak awal dia dan wakil wali kota bertekad mengelola pemerintah Manado, makin hari makin bersih dan transparan dan respons juga dalam waktu relatif cepat.

Karena itu menurutnya, untuk mendukung hal tersebut, pemerintah segera meluncurkan "Manado command center smart city", supaya bisa mengelola semua data dengan benar.***2***



(T.KR-JHB/B/Y008/Y008) 17-01-2017 11:13:35

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024