Minahasa Tenggara, 15/1 (Antara) - Mengantisipasi harga cabai yang sering mengalami kenaikan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Minahasa Tenggara meminta masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah.
"Sebenarnya, manfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami cabai, sehingga saat harganya naik seperti sekarang tidak perlu kerepotan," kata Kepala Distan Elly Sangian di Ratahan, Minggu.
Ia menuturkan, sebagian besar dari pekarangan rumah warga di Minahasa Tenggara dapat dimanfaatkan untuk pertanian.
"Kebanyakan rumah warga di Minahasa Tenggara sangat luas, ditambah dengan kondisi tanah di daerah kita sangat mendukung," ujarnya.
Lebih lanjut kata Elly, pihaknya siap membantu para masyarakat yang ingin melakukan penanaman cabai di pekarangan rumahnya.
"Kita akan manfaatkan para penyuluh untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat, sehingga pola penanamannya juga sesuai," katanya.
Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Minahasa Tenggara, Teddy Langoy mengatakan, saat ini harga jual cabai berkisar di antara Rp 80.000/kilogram, sampai Rp 100.000/kilogram.
"Kita memang masih terkendala dengan stok cabai yang terbatas, sehingga harganya belum mengalami penurunan," ujarnya.***3***

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024