Manado, 10/1(Antara) - Kapolda Sulawesi Utara(Sulut) Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan sinergitas tiga pilar pemolisian masyarakat (Polmas) yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan lurah atau kepala desa, dapat mencegah gangguan Kamtibmas.

"Sinergitas tiga pilar tersebut bila tercipta merupakan kekuatan mencegah gangguan Kamtibmas," kata Bambang Waskito pada

Gelar Apel tiga pilar Polmas, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan tiga pilar Polmas supaya dipahami dalam kondisi dinamis yang berkembang di wilayahnya masing-masing.

Bila hubungan dengan masyarakat terjalin dengan tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa, maka dapat mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas di wilayahnya masing-masing.

"Selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan masyarakat serta adanya kedekatan maka secara cepat dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi.

Karena itu, Kapolda meminta Polmas melaksanakan tugas pembinaan secara aktual dengan sebaik-baiknya dan mematuhi aturan serta menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada.

Budayakan kembali kegiatan-kegiatan yang dapat mencegah terjadinya tindakan kriminal seperti Siskamling, ketentuan wajib lapor dan lain sebagainya.

"Tetap berkomitmen dan menjaga netralitas dalam melaksanakan tugas di lapangan, Selalu siap siaga dalam segala hal, sehingga secara cepat dan tepat dapat menanggulangi potensi permasalahan yang ada," katanya.

Apel Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah dan Kades tersebut juga dihadiri antara lain Wakapolda Sulut Brigjen Pol Lotharia Latif, para pejabat Utama Polda, pejabat TNI serta Pemerintah Kota Manado. ***2***



(T.J009/B/G004/G004) 10-01-2017 21:41:41

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024