Tomohon, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menjajaki kerja sama di berbagai bidang dengan Pemerintah Okegawa, Jepang dalam rangkaian kunjungan Wakil Wali Kota Syerly Sompotan dan rombongan, Selasa.

"Pemerintah Kota Tomohon terus melakukan terobosan-terobosan untuk memajukan pendidikan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Wakil wali Kota Syerly seperti dikutip Kepala Bagian Humas Herry Lantang di Tomohon, Selasa.

Pemerintah kota, kata Wakil Wali Kota menjajaki kerjasama di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pertanian, pertukaran siswa dan perdagangan dengan pemerintah setempat.

Kunjungan ini dilakukan Pemerintah Kota Tomohon setelah mendapatkan undangan resmi Pemerintah Kota Okegawa pada 21 Oktober 2016 lalu.

"Kita diundang membangun hubungan kerjasama antara Kota Okegawa dan Kota Tomohon menghadiri Festival Okegawa Tahun 2017 nanti. Kita memanfaatkan momentum ini untuk menjajaki kerjasama dengan mereka," ujarnya.

Nantinya, Pemerintah Kota Okegawa juga akan berkunjung ke Kota Tomohon dan diharapkan ikut berpartisipasi pada pelaksanaan "Tomohon International Flower Festival" tahun 2017.

"Anggaran kunjungan eksekutif dan legislatif Kota Tomohon sudah ditata dalam dalam APBD tahun 2016 dalam pos perjalanan ke luar negeri," katanya.

Apabila terjadi kesepakatan antara Kota Tomohon dan Kota Okegawa maka akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman (MOU).

Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan dan rombongan melakukan pertemuan dengan Wali Kota Okegawa Katsunori Ono didampingi kepala dinas pendidikan dan seluruh jajaran pemerintah setempat.

Ikut dalam kunjungan kerja Wakil Wali Kota Syerly yaitu Sekretaris Daerah Arnold Poli, Kadis Pendidikan Daerah Gerardus Mogi, Akademisi Prof Kawilarang WA Masengi, beberapa anggota DPRD Piet HK Pungus, Ladys Fransisca Turang, Katerina Polii, Michael P Lala, Frets Keles, serta Kepala Sekolah SMP Negeri I Tomohon dan SD GMIM IV Tomohon.***4***

Riza Fahriza

(T.K011/B/R021/R021) 06-12-2016 23:46:56

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024