Tomohon,  (AntaraSulut) - Sebanyak 297 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkot Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), disiagakan untuk mendukung pengamanan Perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

"Kesiapan mereka mendukung terciptanya suasana aman dan nyaman pelaksanaan hari raya sangat dibutuhkan. Diharapkan mereka siap, sigap dan kompak membantu menciptakan Kota Tomohom aman dan damai," kata Wali Kota Jimmy F Eman di Tomohon, Minggu.

Jimmy berharap personel Satpol-PP melaksanakan tugas secara santun dan humanis melayani masyarakat.

"Hendaknya bersabar dalam menangani masalah dan usahakan menyelesaikannya tanpa kekerasan. Tetapi kalau dibutuhkan dengan cara yang keras ya harus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat," ujarnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon itu menambahkan membantu tugas Satpol-PP, pemerintah juga akan mengikutsertakan sebanyak 700 personel perlindungan masyarakat (linmas).

"Personel linmas ini tersebar di setiap lingkungan dan kelurahan. Mereka nantinya akan membantu melaksanakan pengamanan yang ada di masing kelurahan," ujarnya.

Jimmy menjelaskan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang melekat, setiap anggota linmas juga melakukan kegiatan jaga malam di masing-masing kelurahan, serta menjaga kegiatan ibadah di setiap gereja.

Selanjutnya Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK menambahkan Satpol-PP harus memiliki landasan moral dan hukum terpatri dalam diri.

"Dalam persiapan pengaman harus� pahami dan optimalkan dan juga bersinergi dengan aparat kepolisian. Nantinya juga akan ada latihan bersama," katanya.***2***�







(T.K011/B/A039/A039) 04-12-2016 20:19:21

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024