Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengajak bupati dan wali kota membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah regional mendukung program pariwisata yang terus didorong pemerintah daerah.

"Sampah harus menjadi perhatian serius kepala daerah, harus dikelola sebaik-baiknya sehingga tidak mengganggu destinasi-destinasi wisata di daerah," kata Gubernur Olly di Manado, Senin.

Menurut dia, pembangunan TPA regional tersebut harus dikelola modern dan terpadu sehingga meminimalisai sampah yang lolos ke sungai dan laut.

"Sejak dilantik pada Februari 2016 lalu kami terus melakukan inovasi pembangunan daerah salah satunya melalui pengembangan sektor pariwisata," ujarnya.

Buah kerja keras pemerintah provinsi yang didukung penuh seluruh pemangku kepentingan di daerah, kata politukus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu dalam waktu tiga bulan jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai lebih dari 34.000 turis.

"Presiden Joko Widodo sendiri hampir tidak percaya. Beliau datang sendiri ke mall untuk melihat sendiri bahwa apa yang kita bicarakan, yang kita sampaikan ke pemerintah pusat itu benar," katanya.

Terus berkembangnya sektor pariwisata di provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota otonom itu direspon positif Presiden Jokowi dengan memerintahkan kementerian terkait menunjang program Pemprov Sulut mengembangkan sektor pariwisata.

"Secara perlahan-lahan pemerintah daerah terus melakukan pembenahan demi pembenahan infrastruktur pendukung pariwisata sehingga memberikan jaminan rasa aman dan nyaman manakala wisatawan berkunjung ke daerah ini," ujarnya. ***1***

(T.K011/B/B012/B012) 24-10-2016 19:09:17

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024