Tomohon, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) mematangkan persiapan kemitraan dengan delegasi Kota Minamiboso, Jepang yang difasilitasi "Japan International Cooperation Agency" (JICA).

"Delegasi Jepang direncanakan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, selanjutnya berada di Kota Tomohon hari Kamis, lusa," kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Ervinz Liuw di Tomohon, Selasa.

Ada beberapa lokasi yang akan dituju delegasi Jepang dan JICA di antaranya, pasar bunga dan Pasar Beriman Tomohon selanjutnya berdialog dengan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman dan diskusi mewujudkan JICA Partnership Program (JPP).

"Delegasi juga akan mendengarkan paparan dari perusahaan daerah pasar, dinas pertanian, show window, dinas pariwisata serta wakil divisi perhotelan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)," katanya.

Liuw menambahkan, rombongan juga akan berdialog langsung dengan petani sayur-mayur, sayur organik, serta petani anggrek tanah, petani bunga, pengolahan, kios tempat jual, serta kunjungan ke "public processing Aren" dekat dengan Danau Linow mengecek potensi sumber daya pariwisata industri serta meninjau Kawangkoan untuk melihat sangrai kacang, mata air panas di lokasi tersebut.

"Mereka ingin mendapatkan informasi langsung terkait potensi-potensi yang dimiliki daerah ini," ujarnya.

Kunjungan delegasi Minamiboso-JICA untuk mengembangkan kemampuan kedua pemerintah dalam memajukan pembangunan yang ada dan mengefektifkan produktifitas daerah.

Ikut juga dipresentasikan program kerja sama dan hasil dari pengembangan program "Stasiun Jalan" di Minamiboso melalui sistem revitalisasi dengan pemanfaatan sumber daya lokal sehingga menciptakan daerah semakin bersinar dan maju.

Program "Stasiun Jalan" Kota Minamiboso berfungsi sebagai tempat istirahat yang memiliki ragam fasilitas hotel, restoran dan WC, pusat informasi, kemitraan, perdagangan, pencegahan bencana, pariwisata, tempat pemasaran hasil pertanian, tranportasi dan pertunjukan seni budaya serta tempat penitipan anak.

Program inilah yang ingin ditawarkan untuk dilaksanakan di Kota Tomohon dalam pembangunan ke depan. ***4***

(T.K011/B/B012/B012) 27-09-2016 16:28:39

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024