Tomohon, (AntaraSulut) - Presiden Republik Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri menghadiri "Tomohon International Flower Festival" (TIFF) 2016 yang digelar di kawasan pusat kota Tomohon, Sulawesi utara, Senin.

Megawati tiba sekitar pukul 14.00 WITA, dan mengawali kunjungannya dengan mendatangi gereja Sion Tomohon yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi acara.

Gereja Sion Tomohon adalah tempat di mana Presiden Soekarno menyampaikan pidatonya saat menghadiri sidang sinode GMIM ke 23 tanggal 30 September 1957.

"Saya datang ke Tomohon untuk melihat festival bunga, tapi dibawa ke sini melihat dari dekat gereja dengan arsitektur bersejarah. Ayah saya pernah datang ke sini, arsitekturnya masih tetap sama," kata Megawati.

Di gereja Sion, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyampaikan pidatonya tentang Pancasila didampingi Ketua Sinode GMIM Pdt HWB Sumakul.

Presiden Soekarno kala menyampaikan pidatonya saat itu didampingi Ketua Sinode GMIM Ds AZR Wenas.

Usai menyampaikan pidatonya, Megawati menuju ke panggung utama "Tomohon international Flower Festival" 2016 bersama Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, jajaran Forkopimda dan pejabat lainnya.***4***




Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024