Gubernur Sulut Luruskan Pernyataan Wagub

 Manado, (Antarasulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, meluruskan pernyataan Wagub soal slogan torang samua ciptaan Tuhan (TSCT) menggantikan torang samua basudara (TSB).

     Melalui staf khususnya, Pdt  Lucky Rumopa dia meluruskan hal tersebut, saat kongkow-kongkow dengan mantan Wakil Wali Kota Manado, Harley ‘Ai’ Mangindaan dan sejumlah wartawan di Mantos, Rabu sore.    

     "Tadi dalam acara pelantikan,  Gubernur menyampaikan klarifikasnya soal itu, jadi tolong jangan dibenturkan lagi seolah-seolah semboyan baru Torang Samua Ciptaan Tuhan (TSCT) itu untuk menggantikan TSB,”  ujar Lucky.

     Pria yang pernah menjalankan tugas penggembalaan di Eropa ini menyayangkan pemberitaan di sejumlah media soal yang menyebut TSB sudah expired.

    "Semboyan itu tidak pernah expired atau kedaluwarsa, saya pikir itu interpretasi  yang keliru,” Lucky  menegaskan.

    Namun begitu, dia tak menampik kalau kata mengganti semboyan  itu sempat terlontar dari mulut Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK).  

     "Wagub mungkin keceplosan, semoga klarifikasi dari Gubernur ini menjadikan persoalan terang benderang,"  ujarnya.

    Lucky kemudian menjelaskan kenapa semboyan TSCT  dicanangkan di era pemerintahan OD-SK. Kata dia, semboyan tersebut itu untuk memperlengkapi tanggung jawab yang dipercayakan Tuhan dalam membangun,  tak hanya untuk hanya untuk sesama, tetapi juga dengan alam semesta.

     Pemerintah membangun tidak pada tataran wacana saja tetapi setidaknya ketika setiap insan menyadari akan realitas ciptaan Tuhan.
    
     "Makanya diharapkan ada kesadaran bersama untuk menata dan membangun daerah kita," katanya.

     Dia meminta semua elemen untuk memahami TSCT dalam perbedaan yang ada untuk tujuan kesejahteraan dengan tidak meninggalkan kesetaraan kita sebagai mahkluk hidup yang saling berketergantungan. Menurut dia, itulah esensi semboyan ini.


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024