Manado (AntaraSulut) - Tiga utusan dari Unika De La Salle Manado yakni Dr. Josef Raco, Pastor Benny Salombre Pr dan Pastor Andreas Rumayar Pr sangat senang dan bersyukur karena mengikuti pelatihan yang diselenggarakan IALU (International Association of La Salle Universities) di Roma, Italia, belum lama ini.
    
Sebab, dengan mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua minggu di Gedung Generalat Kongregasi Fraters Scholarum Chistianum (FSP) ini banyak yang didapat dalam rangka pengembangan Unika De La Salle di masa – masa mendatang.    
    
Pelatihan yang berlangsung dua minggu ini, ungkap Pastor Andre (sapaan Pastor Andreas), adalah program formasi pendidikan Lasallian. Program ini merupakan sebuah pelatihan terpadu yang di dalamnya peserta dibantu untuk semakin mendalami pratis pendidikan yang diprakarsai oleh St. Yohanes Baptis De La Salle (Lasallian pedagogy) serta Lasallian spirituality.
    Selama pelatihan, peserta diarahkan lewat pelbagai seminar dan diskusi, pendalaman literatur, sejarah, inovasi modern dan budaya komunitas Lasallian. Harapannya setiap peserta dengan mengikuti refleksi dan presentasi kelas dari negara lain, kerja kelompok, retret, doa, acara sosial dan makan bersama, akan mampu mengembangkan jaringan kerjasama dan komunikasi asal.
    Para instruktur yang merupakan pakar di bidangnya mengarahkan peserta agar bekerjasama dengan peserta dari negara lain, dari institusi mereka, atau dari regio mereka sendiri untuk mengembangkan sebuah proyek, program atau strategi yang dapat diterapkan pada saat kembali ke negara asal.
    “Diskusi yang terjadi selama pelatihan, sangat bermanfaat untuk perkembangan universitas masing – masing di masa mendatang,” ujar Pastor Andre.
    Pelatihan ini diikuti 49 peserta utusan 25 Universitas De La Salle sedunia yakni AS 12 orang, Mexico 15 orag, Kenya 1 orang, Palestina 3 orang, Indonesia 3 orang, Filipina 7 orang, Spanyol 4 orang, Brasil 3 orang dan Costa Rica 1 orang.
    Pelatihan ini menghadirkan instruktur yang sangat berpengalaman di bidangnya yakni Prof. Roxanne Eubank, Dr. Joan Landeros, Dr. Dominic Colonna (ketiganya dari USA). Turut berperan juga beberapa Bruder FSC yang berpengalaman dalam Lasallian Pedagogy dan Spiritutuality.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024