Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melakukan sidak ke sejumlah rumah sakit untuk memastikan tidak ada vaksin palsu yang beredar di daerah berpenduduk lebih dari 100 jiwa ini.

Wali Kota didampingi Kadis Kesehatan dan Sosial dr Deesje liuw M Biomed turun langsung mengecek keberadaan vaksin ke Rumah Sakit Gunung Maria dan GMIN Bethesda Kota Tomohon, dan puskesmasn Lansot. 

"Sidak ini untuk memastikan serta meminimalisasi beredarnya vaksin palsu di Kota Tomohon, selain itu untuk memberikan imbauan kepada pihak rumah sakit untuk dapat mengambil vaksin ke distributor resmi pemerintah," kata Wali Kota.

Menurut dia, sebutan Kota Tomohoh sebagai Kota sehat hendaknya dapat menjadi contoh untuk semua yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan. 

Lebih dari itu Eman menegaskan bahwa pihaknnya akan segera membentuk tim yang akan memonitoring langsung distribusi obat-obatan termasuk vaksin ke Kota Tomohon.

Sementara itu Kadis Kesehatan dan Sosial dr Deesje liuw M Biomed menjelaskan, secara kasat mata vaksin palsu memiliki ciri-ciri di antaranya kemasannya agak kasar, kemudian nomor basenya kabur, tutupnya kabur juga dibandingkan dengan yang asli penutupnya lebih jelas warnanya. 

"Dan untuk memastikan asli dan palsunya vaksin hanya lewat pemeriksaan lewat laboratorium," kata Liuw. 

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024