Eman-Sompotan Terus Berupaya Wujudkan Generasi Emas

Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Jimmy F Eman dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly A Sompotan terus meningkatkan sumber daya manusia menuju generasi emas Kota Tomohon.

"Kepala sekolah TK dan guru pendidikan anak usia dini memegang peranan penting dan signifikan dalam memastikan terwujudnya manusia Indonesia yang berkualitas karena dari Generasi Emas inilah terletak dasar pendidikan yang mulia," kata Eman yang didampingi Sompotan pada kegiatan pengembangan kurikulum, bahan ajar dan model pembelajaran PAUD di Tomohon. 

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan Pemerintah Kota Tomohon terhadap dunia pendidikan. 

"Keberhasilan dan kesuksesan pendidikan di Kota Tomohon secara konsisten tetap kita jaga dan pertahankan bahkan kita tingkatkan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas," katanya.
  
Sompotan menambahkan, berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik pendidikan di Kota Tomohon selalu yang terdepan, demikian pula dari kualitas pendidik.

Hal ini kata dia dapat dilihat dan terukur dari hasil kualitas pendidik dapat dilihat dan terukur dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 mencapai nilai 57,37 melebihi rata-rata nasional 55,00 dan rata-rata provinsi Sulawesi Utara 51,65. 

Hasil UKG Kota Tomohon merupakan yang tertinggi di Sulawesi Utara, begitu pula secara kuantitas pendidikan dapat kita lihat dan terukur dari capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) melampaui 100 % setiap tahunnya.

Satu kebanggaan bagi kita karena peningkatan angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita sebagai acuan kemajuan dan perkembangan yang diukur lewat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus mengalami peningkatan dan IPM Tomohon saat ini tertinggi di Sulawesi Utara. 

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024