Manado, 28/6 (Antara) - Kepolisian Daerah Sulawesi Utara menggelar Pelatihan Pra Operasi (Latpraops) kepolisian terpusat Ramadhaniya tahun 2016 di Manado, Selasa.

Kegiatan Latpraops dibuka Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Wilmar Marpaung diikuti sekitar 84 personel terdiri personel Mapolda sebanyak 66 orang dan personel Polresta, Polres jajaran 18 orang.

Kapolda Wilmar Marpaung mengatakan berbagai masalah kerap muncul dan terjadi secara berulang-ulang jelang Idul Fitri, seperti masalah kemacetan, kecelakaan lalu lintas saat mudik.

Kemudian masalah pencurian terhadap rumah kosong yang ditinggalkan saat mudik, masalah kebakaran rumah karena lupa mematikan alat listrik dan masalah kericuhan akibat konvoi kendaraan.

"Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut guna mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas tersebut, Polda Sulut menggelar Operasi Kepolisian `Ramadhaniya 2016` di seluruh wilayah hukum Polda Sulut," kata Marpaung.

Marpaung mengatakan sebelum turun ke lapangan, para anggota harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan operasi, sehingga tercipta cara bertindak teknis dan taktis,

Berharap nantinya para anggota yang akan turun ke lapangan dapat melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional,.

Menampilkan pola pendekatan yang tegas dan humanis, dengan tetap menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia dan supremasi hukum. ***2***

(T.J009/B/Y008/Y008) 28-06-2016 13:00:15

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor :
Copyright © ANTARA 2024