Manado, (Antarasulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mengaktifkan kembali program "car free day" mulai Juni 2016 setelah sempat terhenti selama kurang lebih setahun.

"Program tersebut akan dilaksanakan setiap hari Minggu, melibatkan para pemangku kepentingan mulai dari Polda Sulawesi Utara dalam hal ini Direktorat Lalulintas, Dinas Perhubungan sampai pengelola Megamas, dan pemberitah bersama seluruh pemangku kepentingan masih membahas pemantapanya dipimpin Wawali Mor Bastiaan, " kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Lenda Pelealu, yang menjadi ketua tim lintas  koordinasi.

Pelealu mengatakan, di Manado kegiatan tersebut akan digelar setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 WITA sampai 09.00 WITA dengan lokasi jalan Manado Pantai atau Boulevard.

"Jelasnya lokasi yang akan dijadikan sebagai kawasan bebas kendaraan bermotor dimulai dari Jembatan Kuning Sario sampai ke satuan pengisian bahan bakar umum sebelum IT Centre," katanya.

Menurutnya, nanti setelah "car free day" mulai dilaksanakan, maka di sepanjang jalan yang menjadi areanya akan diramaikan dengan tempat-tempat penjualan dari para sponsor program tersebut.

Sesuai dengan pembicaraan bersama, kata Pelealu, acara tersebut akan diluncurkan pada 5 Juni 2016, oleh Wali Kota Manado, Vicky Lumentut bersama Wakil Wali Kota, Mor Bastiaan.

Untuk itu, dia mengatakan, pemerintah mengajak seluruh masyarakat kota Manado, untuk mendukung dan menyukseskan program tersebut, sebab dampaknya juga akan dirasakan oleh warga Manado yang pasti akan lebih bebas berjalan kaki di area tersebut.

Program "car free day" sebelumnya sudah pernah dilaksanakan oleh pemerintah kota, namun dalam setahun jarang dilaksanakan, dan pada masa pemerintahan wali kota dan wakil periode 2016-2021 diaktifkan kembali. ***4***









(T.KR-JHB/B/G004/G004) 31-05-2016 22:08:22

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024