Jakarta, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman optimistis sebanyak delapan negara sahabat akan berpartisipasi pada "Tomohon International Flower Festival" (TIFF) tanggal 8-12 Agustus 2016 mendatang.

"Pemerintah kota memberikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Sulut yang ikut mendukung pelaksanaan TIFF ini dari tahun ke tahun dan mendatangkan negara sahabat mengikuti iven ini," kata Wali Kota Eman di Jakarta.

Menurut dia, partisipasi negara sahabat pada iven tahunan yang masuk kalender pariwisata nasional ini tak bisa dipisahkan dari promosi yang intensif dilakukan Kementerian Pariwisata dalam setiap iven nasional maupun luar negeri.

"Mudah-mudahan dalam setiap iven TIFF ini partisipasi kepesertaan dari negara sahabat semakin banyak," harap Wali Kota.

Pada pelaksanaan festival bunga internasional tahun 2015, kata dia, sebanyak enam negara sahabat seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Prancis, Filipina dan India maupun Polandia mengikuti "tournament of flower".

"Tahun ini kami menargetkan ada delapan peserta dari negara sahabat yang bisa mengikuti TIFF. Mudah-mudahan dengan sisa waktu dua bulan lebih ini target tersebut dapat terealisasi," ujarnya.

Anggota legislatif Kota Tomohon periode 2004-2009 ini mengatakan, Selandia Baru telah menandatangani nota kesepahaman terkait keikutsertaan dalam iven ini.

"Negara-negara sahabat lainnya lainnya seperti Tiongkok dan Australia kami harapkan dapat mengambil bagian menjadi peserta dalam iven tahunan ini," katanya.

Ia menambahkan, TIFF keenam ini akan menghadirkan beberapa kegiatan di antaranya turnamen bunga, parade busana, festival kuliner nusantara, lomba lampu hias, marathon 10 kilometer serta beberapa iven lainnya.***1***


Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024