Manado, 27/5 (Antara) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan memprioritaskan kegiatan pasar murah Ramadhan di kabupaten kepulauan daerah tersebut.

"Kami rencanakan akan melaksanakan pasar murah Ramadhan di pekan kedua Juni 2016 dan pertama kali di tiga kabupaten kepulauan Sulut," kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Jumat.

Darwin mengatakan pasar murah ramadhan ini pertama kali akan dilakukan di Kabupaten Kepulauan Talaud, kemudian ke Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Kami memprioritaskan ketiga kabupaten tersebut, karena jarak yang harus ditempu cukup jauh dan harus menggunakan kapal laut," jelasnya.

Dia menambahkan jika ketiga daerah tersebut telah difasilitasi lebih awal maka harga kebutuhan pokok di kepulauan juga tidak akan lebih tinggi dalam menghadapi Ramadhan.

Dia mengatakan pasar murah Ramadhan akan dilakukan di 15 kabupaten dan kota yang ada di daerah tersebut.

"Menghadapi Lebaran tahun ini, pemerintah akan menggelar pasar murah Ramadhan seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Dia mengatakan, pasar murah Ramadhan dilakukan untuk membantu masyarakat yang akan merayakan Lebaran agar mendapatkan harga kebutuhan pokok yang lebih murah.

Pelaksanaan pasar murah tersebut akan dilakukan di titik-titik padat penduduk yang merayakan Lebaran.

"Kami mengharapkan pasar murah ini untuk masyarakat golongan menengah ke bawah, karena masyarakat yang kaya bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga berapapun," jelasnya.

Biasanya kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah yakni beras, gula pasir, tepung terigu, mentega, minuman ringan dan berbagai kebutuhan yang biasa digunakan jelang Lebaran.***3***Budi Suyanto


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024