Manado, 28/4 (Antara) - Pemerintah Indonesia akan terus memberdayakan ekosistem mangrove di seluruh pesisir tanah air melalui penjualan Saving Bonds Ritel (SBR)-002 di tahun 2016 ini.

"Pada penerbitan SBR-002, tema lingkungan hidup yang diusung pemerintah adalah pelestarian dan pemberdayaan ekosistem mangrove di pesisir Indonesia," kata Head of Wealth Management Panin Bank Indra Halim di Manado, Kamis.

Dia mengatakan setiap agen akan menyisihkan setiap penjualannya untuk pelestarian hutan Mangrove di seluruh pesisir Indonesia.

Saving Bonds Ritel adalah Obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Agen Penjual di Pasar Perdana domestik yang tidak dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder.

"Bank Panin sebagai salah satu Agen Penjual, akan menyisihkan hasil penjualan SBR-002 untuk pelestarian hutan mangrove, sehingga mampu menyelamatkan bumi dari ancaman kerusakan," jelasnya.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekosistem mangrove atau hutan bakau berjuta-juta hektare atau sekitar 23 persen dari total mangrove di dunia. Dengan ekosistem terbesar itu, Indonesia memainkan peranan penting dalam mengurangi perubahan iklim global di dunia.

Ekosistem pesisir dan lautan Indonesia memeiliki kontribusi yang sangat besar dalam penyerapan karbon , diperkirakan hingga jutaan ton per tahun.

Sehingga penyediaan data dan informasi ilmiah yang akurat dan relevan sangat diperlukan agar peranan penting ekosistem laut dan pesisir di Indonesia tidak lagi terabaikan.

SBR-002 berjangka waktu dua tahun dan jatuh tempo pada tanggal 20 Mei 2018. Masa penwaran mulai 28 April 2016 dan berakhir 19 Mei 2016 dengan jumlah pemesanan minimum Rp5 juta dan kelipatannya serta maksimum Rp5 miliar.

Pada saat diterbitkan, katanya, kupon SBR-002 ditetapkan sebesar 7,50 persen.***3***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 28-04-2016 17:35:38

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024