Manado, (Antara) - Gracia Karamoy, salah satu wanita sukses mengatakan sosok Kartini modern yang baik mampu menentukan perkembangan suatu bangsa ke depannya.

"Kita berharap ke depan ada sosok Kartini di masa depan akan lebih menyeimbangkan apa tugas dan prestasi yang hendak ingin ia capai," kata Gracia yang juga sebagai Kepala Kantor Layanan PT BNI Wanea Manado di Manado, Kamis.

Dia mengatakan Kartini saat ini harus lebih mengutamakan kesejahteraan keluarga sebagai tanggung jawab utamanya, mendidik anak-anak menjadi amanah yang harus dijalankan sebaik-baiknya.

"Anak-anak adalah harapan bangsa bagaimana menjadi penerus yang akan lebih mensejahterakan bangsa," kata Gracia.

Sosok ibu yang utuh, katanya, sangat penting bagi perkembangan anak khususnya ketika ia masih dalam usia emasnya. Sang ibu lebih diutamakan bersama dan memberi pelajaran pertama yang baik bagi sang anak agar di masa depannya menjadi pribadi yang lebih baik untuk memimpin bangsa.

"Sosok kartini modern adalah penentu baik dan berkembangnya suatu bangsa," jelasnya.

Dia mengatakan hari ini tepatnya 21 April kita peringati sebagai Hari Kartini. Raden Ajeng Kartini merupakan pelopor Wanita Indonesia.

"Bersyukurlah kita wanita Indonesia yang telah pernah memiliki seorang pelopor pejuang nasib kaum wanita sehingga derajat dan martabat kaum wanita bisa terangkat," katanya.

Kepeloporan Raden Ajeng Kartini wajib diamalkan, wanita Indonesia telah memperoleh hak-hak sebagai wanita, sesuai dengan hak kaum laki-laki sebagai umat Tuhan yang tidak dibeda-bedakan.

"Namun kita sebagai wanita tak boleh semena-mena. Kita telah memperoleh "kebebasan" tetapi tidak boleh meninggalkan sifat-sifat kodrat sebagai wanita," katanya.

Apalagi sebagai wanita yang dibesarkan dalam tata cara adat ketimuran dimana wanita adalah lambang keluwesan, kelembutan, keindahan dan kesopanan.

Perjuangan cita Kartini masih perlu terus diperjuangkan. Masih banyak wanita-wanita Indonesia yang perlu perjuangkan nasibnya. Masih banyak yang membutuhkan uluran tangan.

"Oleh sebab itu, marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud," pungkas wanita karir ini.***4***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 22-04-2016 00:49:55

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024