Tomohon, 6/4 (Antara) - Sebanyak 80 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan meningkatkan wawasan serta pemahaman tugas dan fungsinya sebagai aparatur sipil negara.

"Undang-Undang 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara menyebutkan pendidikan dan pelatihan prajabatan merupakan syarat wajib dalam pengangkatan calon pegawai negeri sipil menjadi pegawai negeri sipil," kata Wali Kota Jimmy F Eman saat membuka diklat tersebut di Tomohon, Rabu.

Program seperti ini, kata dia, dimaksudkan memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan karakter, integritas, sikap dan perilaku, wawasan kebangsaan, kepribadian serta etika pegawai negeri sipil.

Di samping itu, memperluas wawasan berpikir dan bertindak dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan sosial kemasyarakatan dengan baik, benar dan terarah.

"Dari sini juga akan memunculkan kesadaran penuh sebagai pengayom masyarakat, tanpa melupakan identitasnya sebagai abdi negara," katanya.

Menurut kepala daerah produk pilkada langsung ini, peserta diklat akan diperkaya wawasannya oleh widyaiswara, instruktur maupun pejabat Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon.

"Karena itu sangat diharapkan perhatian dan keseriusan seluruh peserta selama mengikuti diklat ini. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi bagi peserta," ajaknya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Tomohon Masna Pioh S.Sos mengatakan, diklat prajabatan ini diikuti sebanyak 80 peserta yang dibagi 2 kelas masing-masing berjumlah 40 orang.

Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan I, II & III Tenaga Honorer Kategori 2 Angkatan XIII Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2016 akan mengikuti diklat selama tujuh hari.***2***

�



(T.K011/B/M019/M019) 06-04-2016 21:32:03

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024