Manado, (AntaraSulut) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan meresmikan Kebun Raya ke-7 yang ada di Indonesia, di daerah Kabupaten Minahasa Tenggara pada tahun 2017 mendatang.

Kebun Raya yang terletak diatas lahan seluas 309 hektare (ha) itu merupakan bekas lahan tambang mineral yang disulap Pemerintah Kabupaten Mitra menjadi hutan. Selain itu, lahan tersebut juga telah mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai kebun raya ke-7 di Indonesia.

"Kami memberinya nama Kebun Raya Megawati Soekarnoputri. Karena beliau merupakan ketua yayasan kebun raya seluruh Indonesia,” ujar Bupati Mitra James Sumendap di Manado, Rabu.

Menurut dia, Pemkab Mitra mendapat tugas untuk mengembangkan kebun raya tersebut. Sementara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertugas sebagai penanggungjawab karena menjadi domain kementerian tersebut.

“Kebun Raya itu rencananya akan dilaunching tahun 2017, dan saat ini tengah dipersiapkan seluruh persiapannya. Tujuan kebun raya itu sebagai tempat penelitian riset dan sarana pendidikan,” terang James.


Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024