Tahuna, (ANTARA Sulut) - Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2015 Olly Dondokambey dan Steven Kandouw direncanakan pada 12 Februari 2016, kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri.

"Hasil koordinasi dengan istana, pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sulut terpilih yang semula diusulkan Kemendagri tanggal 11-12 Februari sudah ada sinyal waktunya. Bila tidak ada aral melintang dan Tuhan meridhoi akan dilaksanakan 12 Februari," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis.

Sumarsono yang juga Penjabat Gubernur Sulawesi Utara itu mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan sekira pukul 11.00 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sementara pelantikan bupati/wakil bupati serta wali kota/wakil wali kota di Sulut dilaksanakan setelah pelantikan gubernur dan wakil gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

"Nah pelantikannya diperkirakan pada minggu berikutnya di bulan Februari 2016 ini," katanya.

Dia menambahkan, yang diundang hadir mendampingi dibatasi, selain istri kemungkinan besar pimpinan DPRD.

"Saya berharap forum koordinasi pimpinan daerah juga diizinkan hadir di Istana Presiden menyaksikan pelantikannya," tambahnya.

Acara lepas sambut dengan penjabat gubernur, lanjut dia, dilaksanakan di Manado dan dikoordinasikan secara teknis oleh sekretaris daerah provinsi yang diperkirakan tiga hari setelah pelantikan.

"Semoga semuanya berjalan lancar dan saya kembali bertugas sebagai dirjen otda Kemendagri dan menyiapkan pilkada serentak tahap kedua selanjutnya Februari 2017," katanya
guntur@antarasulut.com

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024