Manado, (AntaraSulut) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 2,5 meter pada Jumat (15/1) berpeluang terjadi di laut Sulawesi dan perairan Sangihe dan Talaud.

"Sangat diharapkan nelayan atau pengguna transportasi laut yang menggunakan kapal berukuran kecil untuk mewaspadainya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Nurhadi di Manado, Kamis.

Nurhadi menambahkan, ketinggian gelombang di perairan utara dan selatan Sulut diperkirakan 0,5-1.0 meter.

"Kecepatan angin permukaan 15-18 kilometer per jam bertiup dari arah utara hingga timur laut," katanya.

Sementara itu, kondisi cuaca hujan ringan diperkirakan terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), serta Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Cuaca serupa juga bakal terjadi Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), serta Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).

Selanjutnya, Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud), Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe), dan Ondong (Kabupaten Kepulauan Sitaro).***1***



(T.K011/B/G004/G004) 14-01-2016 21:36:56

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024