Manado, 16/11 (Antara Sulut) - Sejumlah nelayan di Kota Manado, Sulawesi Utara, mendapatkan bantuan "konverter kit", alat bantu bagi nelayan dalam operasional penangkapan ikan.

Kepala Bidang Penangkapan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Keluatan Perikanan Sulawesi Utara (Sulut), Theneke Adam mengatakan pemberian peralatan ini dalam menunjang program pemerintah pengalihan dari BBM ke gas.

"Selama ini banyak keluhan dari nelayan kecil untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM), pemberian konverter ini salah satu mengatasi permasalahan ini," kata Theneke saat penyerahan konverter kepada para nelayan di Kampung Nelayan Malalayang Manado, Senin.

Theneke mengatakan, dengan menggunakan alat konverter tersebut akan memberikan nilai tambah bagi nelayan dibandingkan dengan menggunakan BBM.

"Pemberian konverter ini baru dilakukan tahun ini, dan masyarakat nelayan begitu antusias mendapatkan bantuan ini," katanya.

Dia menambahkan, untuk saat ini terdapat sekitar 20 konverter kit yang diserahkan kepada masyarakat nelayan di Malalayang, Manado.

Amin, sang inovator konverter kit, mengatakan melalui perlatan ini akan memeberikan penghematan bagi nelayan dalam operasional menangkap ikan.

Dengan menggunakan gas elpji tiga kilogram digandeng koverter kit, sebanding dengan menggunakan sekitar 10-15 liter BBM.

Melalui penggunaan alat tersebut selain terjadi penghematan, juga para nelayan dapat mencari ikan lebih jauh dan mendapatkan hasil penangkapan lebih besar.

"Ini akan berdampak positif bagi kehidupan nelayan," katanya.

Hari Tjahyono peneliti dari Pusat Penelitian Sistem Mutu LIPI mengatakan, telah nmelakukan tes dan kajian, memenuhi syarat penyusunan spek teknisnya

"Secara teknis koverter kit ini layak digunakan," katanya.

Adanya peralatan koverter kit tersebut, nelayan dalam melaut atau menjalankan mesin perahu dengan menggunakan bahan bakar gas atau gas elpiji tiga kilogram. ***1***

(T.J009/B/A029/A029) 16-11-2015 22:30:22

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor :
Copyright © ANTARA 2024