Manado, (AntaraSulut)- Sebagaimana informasi yang didapatkan dari PLN Area Manado, yaitu tepatnya dari Unit Pelayanan PLN Rayon Paniki Boni Wardha selaku Manajer Rayon Paniki terkait gangguan listrik padam di wilayah kerja PLN Rayon Paniki karena adanya gangguan.

Disampaikan bahwa terjadi listrik padam di sisi Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kV penyulang (feeder) "SN1" dari sekitar jam 02.30 WITA Selasa (3/11) dini hari.

Lokasi yang terdampak dari kejadian listrik padam ini adalah pelanggan PLN Area Manado yang berada di daerah : Arah Bandara Sam Ratulangi, Kayuwatu, Politeknik, Griya Paniki Indah, Grand Kawanua.

Penyebab padam adalah karena arrester (alat pelindung bagi peralatan sistem tenaga listrik terhadap petir) yang kena sambaran petir di beberapa lokasi. Selain menyebabkan arester pecah, juga didapati beberapa isolator mengalami hal yang sama (pecah).

Sejak Selasa (3/11) dinihari kemarin hingga Selasa malam mulai pukul 19.30 WITA, secara bertahap beberapa unit gardu distribusi telah berhasil disuplai kembali pasokan listriknya, seperti di daerah sekitar kompleks politeknik dan sekitarnya.

Petugas PLN dari Rayon Paniki bersama Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan - Tegangan Menengah 20 kV (PDKB-TM 20 kV) PLN Area Manado, diantaranya melakukan pekerjaan penggantian arrester di beberapa titik, salah satunya di dekat Gardu Induk Paniki Atas & di dekat SPBU Kairagi.

Meski kondisi Kota Manado Selasa sore kemarin sedang turun hujan, tetapi petugas tetap mengerjakan perbaikan dengan tentunya memastikan faktor keamanan dalam bekerja (Keselamatan dan Kesehatan Kerja / K3).

Pada Rabu (4/11) pagi tadi, dari sekitar 80 gardu distribusi yang mengalami padam kemarin, sudah 53 gardu yg berhasil dipulihkan. Sisa 27 gardu lagi tersebar di GPI, Gritma, Mapanget Barat / sekitar bandara yang belum bisa disuplai tegangan karena harus dipastikan, dibersihkan dan diperbaiki dulu potensi-potensi yang bisa menimbulkan gangguan. Agar jangan menyala sesaat kemudian padam lagi.

Mulai pukul 13.17 WITA Rabu (4/11) siang, secara bertahap suplai listrik bagi pelanggan di GPI, Gritma, Mapanget Barat / sekitar bandara telah normal kembali (menyala).

Sehubungan dengan itu, disampaikan permohonan maaf kepada masyarakat para pelanggan PLN atas ketidaknyamanan yang harus dialami sehubungan gangguan listrik yang terjadi. 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024