Minahasa Tenggara, (ANTARA Sulut) - Para pebalap yang akan mengikuti kejuaraan offroad yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diwajibkan untuk mengikuti tes alkohol.

"Semua pebalap yang akan ikut serta, kita sudah sampaikan wajib mengikuti tes kadar alkohol dalam tubuh, jika terbukti mengonsumsi maka langsung digugurkan keikutsertannya," kata Ketua Panitia Royke Pelleng di Ratahan, Rabu.

Dirinya menuturkan, alat untuk mengukur kadar alkohol bagi para pebalap tersebut telah disiapkan panitia di lokasi balapan yakni di Sirkuit Mitra Hebat.

"Kita sengaja menyiapkan alat tersebut agar tak terjadi hal-hal tidak diinginkan, jadi sebelum balapan dimulai semuanya harus wajib dites," ujarnya.

Sementara itu dirinya memastikan daerah di seputaran lintasan akan dijaga ketat dan dijamin tak ada penonton yang mendekati lokasi lintasan.

"Untuk penonton dan tamu sudah kita siapkan tempatnya, hanya petugas lintasan yang bisa mendekati lokasi lintasan, karena semuanya sudah disterilkan dari malam ini," ujarnya.

Royke pun memintakan para penonton yang akan menyaksikan kejuaraan ini dimintakan agar dapat menjaga ketertiban, selama kejuaraan berlangsung.

"Kami sudah siapkan tepat khusus, kami minta penonton dapat menjaga keamanan dan ketertiban pada saat pelaksanaan kejuaraan ini," ujarnya.

Sementara itu kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara ini, dari Bupati James Sumendap meminta agar para pebalap dapat menjunjung semangat sportivitas dalam perlombaan.

"Saya berharap nantinya semua berlaku jujur dan menjunjung tinggi semangat sportivitas, karena tujun dari kegiatan ini yakni bagaimana kita berkompetisi secara sehat," katanya.

Sementara itu sesi latihan bebas telah dilaksanakan para pebalap, sedangkan 'speed race' offroad akan dilaksanakan Kamis (29/10) dan akan dimulai pada pukul 08:00 Wita.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024