Manado, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, segera menata kawasan perparkiran pusat kota untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di lokasi tersebut.

"Pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika saat ini sedang melakukan kajian tentang penataan kawasan tersebut," kata Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman di Tomohon.

Salah satu alternatif yang akan ditempuh pemerintah kota mengurai kemacetan di kawasan kompleks Rumah Sakit Bethesda adalah menjalin kerja sama dengan Badan Pekerja Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Dari lembaga gereja ini, kata dia, pemerintah akan membuka komunikasi menyewa lahan sebelah kanan pos polisi atau sebelah kiri apatek kimia farma.

"Tentu semua berharap tidak ada kemacetan yang terjadi di titik itu. Akan ditata tidak ada lagi kendaraan di ruas jalan itu, tetapi sebaliknya ditampung atau diparkir di areal tanah milik BPS GMIM yang memang terletak di pusat kota," katanya.

Sementara itu, Ferdinand GR Takumansang, warga Tomohon, mengusulkan ruas jalan alternatif Kolongan dijadikan sebagai lahan parkir kendaraan yang hendak berbelanja di kawasan tersebut.

"Jadi dibuang ke sana kendaraan yang akan parkir di tempat sekarang ini (sepanjang ruas jalan Talete hingga jalan masuk Kelurahan Paslaten, Kecamatan Tomohon Tengah," ujarnya.

Saat ini, kata dia, tinggal menunggu komitmen apakah pemerintah serius menangani masalah kemacetan di pusat kota akibat diparkirnya kendaraan di pusat kota yang nyaris memakan setengah badan jalan.***3***

(T.K011/B/B015/B015) 04-09-2015 23:29:20

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024