Minahasa Tenggara, 1/9 (Antara) - Sejumlah hutan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), rawan kebakaran pada saat musim kemarau ini, khususnya di kawasan hutan Gunung Surat Kecamatan Ratatotok.
"Seperti di bagian kebun raya atau di tempat pertambangan PT Newmont waktu lalu, lokasi tersebut sangat rentan terbakar," kata tokoh masyarakat Ratatotok Kasim Malonto di Ratahan, Selasa.
Dia menuturkan jika masyarakat tak waspada dapat memicu terjadinya kebakaran di kawasan hutan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Minahasa Selatan.
"Jika ada masyarakat iseng membuang puntung rokok di wilayah itu, pasti seluruh hutan hingga di perbukitan Pasolo akan terbakar," terang Kasim.
Ia menjelaskan bahwa semak-semak yang ada di bawah pepohonan sudah kering dan sangat rentan terbakar.
"Yang saya khawatirkan ada yang sengaja atau iseng membuang api di tempat tersebut, bisa berakibat fatal nantinya, meski belum terjadi kebakaran saat ini" katanya.
Pendapat berbeda dikemukakan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Minahasa Tenggara Sonny Wenas. Menurut dia, kemungkinan terjadi kebakaran hutan di daerah itu sangat kecil.
Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk terus hati-hati terhadap kebakaran.
"Meski kemungkinan terjadi kebakaran itu sangat kecil, namun kita harus tetap waspada dan jangan lengah serta memperhatikan lingkungan sekitar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia. ***4***

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024