Minahasa Tenggara, 31/8 (Antara) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulut merampungkan pembangunan irigasi di 3.000 hektare lahan persawahan yang ada di daerah tersebut.
"Proses pembangunan irigasinya sudah hampir seratus persen, dan mengaliri lebih dari 3.000 hektare lahan persawahan warga dan kelompok tani," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minahasa Tenggara Elly Sangian, Senin.
Dia menambahkan pembangunan irigasi ini merupakan bagian dari program pemerintah dalam meningkatkan produksi padi di daerah tersebut.
"Ini bagian dari dalam program upaya khusus untuk mencapai target ketahanan pangan, khususnya di Minahasa Tenggara," kata Elly.
Dia menambahkan, proyek pembangunan irigasi ini, pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Tugas Pembantuan (TP) Provinsi Sulut.
"Tujuan utamanya dari proyek ini juga yakni untuk mengantisipasi kekeringan yang terjadi saat ini, dan hasil pantauan kami di lapangan lahan persawahan di Minahasa Tenggara tak terlalu berdampak dengan kemarau karena sudah terlayani dengan saluran irigasi," ujarnya.
Felix Lumi salah satu petani di Minahasa Tenggara mengaku terbantu dengan saluran irigasi yang dibangun pemerinta ini.
"Setidaknya kami baik petani atau kelompok tani tak kuatir akan terjadinya kekeringan, karena pasokan air dari irigasi yang dibangun pemerintah sangat membantu," katanya.***3***


Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024