Manado, (ANTARA Sulut) - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulut (Sulut) Sanny Parengkuan mengatakan kegiatan "Save Our Littoral Life" (SOLL) bermanfaat menyelamatkan ekosistem laut.

"Pemerintah Provinsi Sulut siap mendukung pelaksaan kegiatan tersebut (SOLL) yang diselenggarakan Lantamal VII pada 16 Agustus mendatang," kata Parengkuan saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan di Manado.

Kegiatan SOLL digelar untuk melestarikan ekosistem dan menyelamatkan habitat laut.

SOLL termasuk operasi militer selain perang (OMSP) dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kegiatan inti SOLL diisi dengan penanaman satu juta bibit terumbu karang di daerah seluas 100 hektare yang berada di 160 titik.

Penanaman sudah dilakukan di 17 titik perairan Indonesia, yakni di Pantai Labuhan Brondong Lamongan, Pantai Desa Cemandi Sedari di Sidorarjo, Pantai Delegan di Gresik, Pantai Riang Desa Tawiri di Ambon, Pantai Labuan Banten, Pantai Teluk Ratai Lampung, Pantai Bama dan Pantai Pasir Putih Sidoarjo.

Selanjutnya, Pantai Tugu Trikora Selat Lembeh Bitung Sulawesi Utara, Pulau Tidung dan Kepulauan Seribu, Pantai Ketapang Teluk Pandan Lampung, Pantai Melur Batam Kepuluan Riau, Pulau Berhala Sumatera Utara, Pasir Tanjung Lesung Banten, Pantai Kadingareng Sulawesi Selatan, Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, serta Pulau Weh.

Rencananya pada pelaksanaan Sabtu nanti akan diisi dengan sejumlah kegiatan seperti penyelaman, upacara dalam air, sementara hiburan akan mendatangkan band Slank dan sejumlah artis lainnya.

"Ekosistem laut perlu dijaga dan dilestarikan untuk masa depan," ujarnya.***1***







(T.K011/B/G004/G004) 12-08-2015 22:38:15

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024