Minahasa Tenggara, 3/8 (Antara) - Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap menjanjikan bantuan beasiswa bagi para siswa yang menjadi anggota atau pemain musik bambu di daerah tersebut.

"Tahun depan akan kami berikan para siswa-siswa dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menjadi anggota musik bambu di Minahasa Tenggara," kata James di Ratahan, Senin.

Dia menuturkan alasan pemberian beasiswa tersebut sebagai bentuk penghargaan bagi para siswa tersebut dari Pemkab.

"Ini sebagai upaya melestarikan seni dan budaya Minahasa di daerah kita, apalagi mereka telah memberikan waktu untuk terlibat dalam musik bambu," terangnya.

James menambahkan besaran beasiswa yang akan diberikan kepada para siswa tersebut masing-masing mendapat Rp1,2 juta per siswa.

Dirinya pun memperingatkan para penerima beasiswa ini hanya bagi siswa yang sudah secara rutin mengikuti musik bambu.

"Jadi jangan asal-asalan, hanya mereka yang secara rutin mengikuti musik bambu. Kalau ada yang baru mau ikut nanti akan kita berikan tahun depan," terangnya.

James pun berharap dengan adanya bantuan beasiswa tersebut, semakin banyak siswa-siswa di Minahasa Tenggara aktif dan terlibat dalam rangka pelestarian musik bambu yang merupakan salah satu warisan seni dan budaya khas orang Minahasa.***4***


Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024