Manado, 31/7 (AntaraSulut) - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Puspa Dendengan Manado juga mengajar bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti anak autis dan hiperaktif.

"Kami juga menerima anak-anak yang berkebutuhan khusus, akan ada kelas berbeda dengan siswa normal," kata Kepala Sekolah PAUD Puspa Dendengan Manado Piet H Pusung di Manado, Jumat.

Piet mengatakan pihaknya ingin menjangkau semua anak di Kota Manado dan sekitarnya, untuk mendapatkan layanan pendidikan sejak dini, agar tumbuh kembangnya lebih berkualitas.

Untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, kami akan siapkan kelas Autis center yang akan ditangani langsung oleh bunda-bunda yang berpengalaman.

Mengajar anak autis merupakan tugas yang menantang, terutama bagi yang belum pernah memiliki pengalaman menangani anak-anak dengan ketidakmampuan belajar.

Meskipun lambat, anak autis bisa dilatih untuk membaca, menulis, dan belajar.

Autisme mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif. Autisme merupakan kelainan genetik dan tidak dapat disembuhkan. Namun tidak berarti anak autis tidak dapat menjalani kehidupan normal.

Pengaruh autisme akan bervariasi antara satu anak dengan yang lainnya. Ada yang hanya sedikt berbicara, sementara yang lainnya menunjukkan perilaku kompulsif yang ekstrim.

Di sekolah khusus, anak-anak autis juga belajar aritmatika, tata bahasa, dan lain-lain sama seperti anak lainnya.

Berbagai teknik dilakukan untuk mengajar anak-anak autis di sekolah khusus. Diperlukan kesabaran dan ketekunan ketika menghadapi anak-anak dengan autisme.

Perilaku agresi, agitasi, dan mudah marah dari guru akan berpengaruh negatif terhadap proses pengajaran, sehingga ada tim pengajar khusus untuk menangani anak berkebutuhan khusus tersebut," jelasnya.***4***




Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024