Minahasa Utara, 28/7 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa Utara menetapkan empat pasangan calon bupati (Cabup) dan wakil bupati(Cawabup) maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Desember 2015 mendatang.
"Ke empat pasangan calon masing-masing Sompie Singal - Peggy Mekel, Yulisa Baramuli - Patrice Tamengkel, Vonny Panambunan - Joppi Lengkong serta Piet Luntungan - Lucky Longdong yang telah mendaftar ke KPUD yang selanjutnya tinggal melengkapi persyaratan yang kurang," kata Ketua KPUD Minahasa Utara Fredy Sirap, di Airmadidi, Selasa.
Dia mengatakan, setelah pendaftaran dibuka sejak (26/7) hingga (28/7) berdasarkan proses, selanjutnya para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati akan memenuhi panggilan untuk pemeriksaan kesehatan.
"Prosedur tersebut merupakan suatu syarat mutlak untuk diikuti para calon karena menjadi sebuah kelengkapan administrasi untuk maju dalam pemilihan Kepala Daerah," ujar Sirap.
Tiga bakal calon bupati dan wakil bupati kata Sirap, masing-masing didukung oleh partai politik pengusung, namun hanya satu pasangan calon yang mendaftarkan lewat jalur independen.
Dia mengatakan, pemasukan berkas perbaikan administrasi semua pasangan bakal calon akan berlangsung hingga 8 Agustus mendatang.
"Tahapan ini sudah berjalan, berharap semua pasangan calon dapat melengkapi administrasinya sampai batas waktu yang ditentukan," ujarnya.
Adapun pendaftar pertama bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara kata Sirap yaitu pasangan Sompie Singal - Peggy Mekel yang berlangsung pada Senin (27/7) sekitar pukul 15.00 Wita yang diikuti pasangan calon Yulisa Baramuli - Patrice Tamengkel sekitar pukul 15.45 Wita.
Sementara pendaftar ketiga yaitu pasangan calon Vonny Panambunan - Joppi Lengkong pada Selasa (28/7) sekitar pukul 11.00 Wita yang diikuti pasangan Piet Luntungan - Lucky Longdong pukul 15.00 Wita di hari yang sama.
Untuk pasangan Sompie Singal - Peggy Mekel (SDM) menggunakan PDI Perjuangan sebagai partai pengsung yang memiliki tujuh kursi di DPRD Minahasa Utara.
Sedangkan pasangan calon Yulisa Baramuli - Patrice Tamengkel diusung oleh empat partai yaitu Nasdem, PPP, hanura dan Demokrat ditambah Golkar kubu Agung Laksono.
Sementara pasangan calon Vonny Panambunan - Joppi Lengkong diusung oleh Partai Gerindra, PKPI dan PKB ditambah partai Golkar kubu Aburusal Bakri serta Pasangan calon Piet Luntungan melalui jalur Independen.***2***
(T.KR-MLK/B/G004/G004) 28-07-2015 23:13:34

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwa
Editor :
Copyright © ANTARA 2024