Manado, 22/7 (AntaraSulut) - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) memperingari Hari Bhakti Adhyaksa ke-55 dalam suatu upacara di Manado, Rabu.

Jaksa Agung RI HM Prasetyo dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Kejati Sulut TM Syah Rizal, mengatakan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini mengangkat tema "Tingkatkan kinerja, Bela Anak Bangsa".

"Tema besar tersebut didasarkan pada pemikiran, kejaksaan selaku institusi penegak hukum dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya hendaknya mempunyai idealisme, nilai dan citra," katanya.

Dia menambahkan, idealisme mengandung makna bahwa setiap warga Adhyaksa harus dapat mengabdikan dirinya menjadi pembela rakyat berpihak kepada kebenaran dan keadilan.

Nilai, artinya apa yang ditugaskan oleh negara kepada lembaga kejaksaan harus dapat membawa manfaat yang sebesar-besatnya bagi rakyat dan hasilnya juga dapat dirasakan oleh rakyat.

Sedangkan citra dimaksudkan bahwa apa yang dilakukan lembaga kejaksaan harus dapat mencerminkan jati dirinya sebagai aparat penegak hukum yang dekat dengan rakyat, bermartabat dan terpercaya.

Lembaga kejaksaan senantiasa harus mempunyai kepedulian sebagai lembaga yang lahir besar dan bekerja untuk rakyat, memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya mencegah teradinya segala bentuk tindak pidana.

"Tema tersebut juga untuk mengambarkan bahwa seluruh tugas pokok dan fungsi kejaksaan semata-mata dilakukan demi membela anak bangsa, mendukung program pemerintahk hususnya dalam bidang penegakan hukum sekaligus mengawal keberhasilan pembangunan," katanya.

Dia mengatakan, tema Hari Bhakti Adhyaksa tahun 2015 ini, sejatinya sejalan dengan salah satu agenda pemerintah yang menjadi prioritas pemerintah sebagaimana yang tertuang dalam Nawa Cita.

"Yakni, memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya," katanya.

Pada peringatan tersebut diserahkan secara simbolis Satyalancana Karya Satya kepada tiga pegawai kejaksaan yang telah mengabdi 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Usai upacara tersebut dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado, dipimpin Kepala Kejati TM Syah Rizal.@antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024