Manado, 2/7 (Antara) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) serius mempromosikan potensi sejumlah pulau kecil yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulut.
"Kedatangan tim kami adalah yang kedua kalinya di tahun 2015 ini. Adapun kunjungan ini untuk menggali potensi kekayaan alam laut di Kabupaten Minahasa Tenggara," kata Kepala Seksi Promosi Ditjen KP3K Hellen Kumenit di Ratahan, Kamis.
Dirinya mengungkapkan alasan pihaknya memilih Minahasa Tenggara dikarenakan sejumlah pulau di daerah ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan yang belum mendapat perhatian.
"Mengapa kami memilih Minahasa Tenggara diantara sekian banyak pulau kecil di Provinsi Sulawesi Utara, karena pulau kecil di sini bisa dikatakan pulau yang masih perawan dan belum terjamah. Kekayaan alam bawah lautnya masih sangat bagus dan indah," ujarnya.
Kumenit mengatakan kunjungan pertama telah dilakukan pada bulan Maret lalu dengan tujuan Pulau Ponteng di desa Tumbak untuk menjadi tujuan promosi pulau kecil, dan kali ini pihaknya menelusiri Pulau Dakokayu di Kecamatan Ratatotok.
"Pulau Ponteng beserta empat pulau kecil perawan lainnya sudah kami dokumentasikan dan promosikan pada beragam kegiatan nasional dan internasional. Kami berharap potensi Pulau Dakokayu yang tidak kalah indahnya ini juga mendapat apresiasi yang sama," ungkap Kumenit.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minahasa Tenggara George Ruata yang didamping Kepala Bidang Sumberdaya Kelautan Perikanan Olfie Lumopa, mengatakan dengan adanya keseriusan dari KKP ini akan sangat membantu pengembangan dan promosi pulau-pulau di Minahasa Tenggara.
"Kita semestinya berbangga karena pulau-pulau kecil di Minahasa Tenggara diapresiasi bahkan diakui Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai pulau yang memiliki potensi luar biasa. Maka selayaknyalah kita untuk tetap menjaga dan melestarikannya," ungkanya.
Dirinya menambahkan, peran dari semua masyarakat dan pelaku wisata di Minahasa Tenggara agar dapat bersama-sama dengan pemerintah melakukan pelestarian pulau-pulau.
"Karena ketika laut kita terjaga kelestariannya, maka juga membuka minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah kita," tambah George.
Tak hanya meninjau, tim KKP yang beranggotakan 7 orang tersebut, juga melakukan penyelaman di beberapa spot di kepulauan Dakokayu dan pulau Putus-Putus.***1***

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024